Pemerintah Propinsi NTB Siap Dukung Pengembangan Tradisi Sedekah Ponan Menjadi Event Yang Sangat Menarik

oleh -822 views

Pemerintah Propinsi NTB Siap Dukung Pengembangan Tradisi Sedekah Ponan Menjadi Event Yang Sangat Menarik

sumbawa besar (bidikankamera.com)

 

Tradisi Sedekah Ponan merupakan tradisi yang dilakukan oleh masyarakat Petani Desa Poto Kecamatan Moyo Hilir Sumbawa Besar.

 

Ponan adalah suatu tempat yang menunjuk sebuah bukit (tanah tanpa nama) yang dahulu ditumbuhi pohon mangga (bahasa sumbawa Po=mangga, nan = itu) sehingga dinamakan Bukit Ponan.

 

tradisi Ponan dilakukan setelah semua warga selesai menanam padi, dengan harapan agar tanaman padi tumbuh subur dan hasilnya melimpa. warga desa Poto yang tergabung dari tiga dusun, yakni dusun poto, dusun lengas, dan dusun malili mempersiapkan segala keperluan yang akan digunakan dalam Upacara Pesta Ponan seperti mempersiapkan keperluan membuat jajan atau makanan kecil yang menjadi khas kuliner samawa dan tidak ada satupun jajan yang dibuat menggunakan minyak goreng.

 

acara tradisi sedekah ponan tahun ini, dilaksanakan pada minggu (10/03/2019) yang dihadiri Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah, Wakil Bupati Sumbawa, Sekda Sumbawa, Ketua DPRD beserta sejumlah anggota DPRD Sumbawa, tokoh politik, tokoh agama, tokoh adat, tokoh masyarakat, serta masyarakat setempat.

 

dalam sambutwn singkatnya, DR Zul sapaan akrab Gubernur NTB menegaskan bahwa tradisi sedekah ponan dapat menjadi pelopor destinasi halal di Kabupaten Sumbawa. tentunya ditopang dengan fasilitas yang memadai, ada tempat shalat yang bagus, tempat dzikir, infrastru,tur jalan menuju bukit ponan, pagar, dan sebagainya. “Untuk mencapai hal tersebut, sedekah ponan harus dapat dikemas menjadi suatu event yang sangat menarik. Selain mengutamakan hajat utama kegiatan, namun juga dapat menyediakan tempat bagi para pengunjung khususnya generasi muda”, terang Gubernur NTB.

 

menurut DR Zul, jika hal ini bisa dikemas menjadi suatu event yang sangat menarik, pengunjungnya tetap banyak, maka satu atau dua tahun ke depan harus menyediakan tempat buat anak-anak muda.ia melihat tempat seperti ini di media sosial, di facebook, di sawah-sawah disediakan tempat bagi anak-anak muda bisa berjalan di tempat padi dan tempat untuk berselfie. “saya meyakini, jika sudah dikemas dengan baik maka sedekah ponan tidak hanya dikenal di NTB maupun Indonesia tapi juga dunia. Untuk itu, Pemerintah Provinsi siap mendukung melalui anggaran, Mari kita jadikan tempat ini menjadi tempat kita bersama,” ajak Dr. Zul. (jim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *